Langsung ke konten utama

Keajaiban Charger No 36

Ini hari ke-2 aku di Yogya,
tadi malam ibu-ibu pengajian datang ke rumah dan membacakan surat yasin.

Ngomong-ngomong, kenapa ya setiap ada yang meninggal itu seringnya dibacakan surat yasin?
bukan surat yang lain?

kita bahas ini nanti aja ya sahabat...

balik ke topik...

eh tapi ada yang ngerasa bingung ga sih?

judul tulisan ini kan keajaiban charger no 36,
kok aku bahasnya terkait surat yasin?...

Nah, gini jadi menurut aku itu... surat-surat dalam Al-quran seperti charger sobat.

Coba deh bayangin, kalau kita pergi kemana-mana bawa gadget tapi ga bawa chargernya...

pasti sengsara banget kan?...

Mau online ga bisa,
hubungin kerabat ga bisa,
browsing ga bisa,
mau update setatus ga bisa

haduh...
kalau kata kids jaman now mah....

seakan raga tanpa jiwa.hehe

Sama aja dengan kita manusia, kalau kita ada dimanapun tanpa mengingat,
mentadaburi,

atau mengikuti petunjuk pada ayat-ayat yang tersurat ataupun tersirat dari laboratorium kehidupan terbesar ini,

dunia maksudnya,

pasti ada aja deh yang bikin kita dikit-dikit gundah
atau gelisah
atau susah banget bangkit dari ujian dariNya baik yang berupa musibah atau kekurangan...

Dan bisa jadi terlalu berbangga atau menyombongkan diri atas kelebihan atau nikmat titipan Allah ini.

*Astagfirullahaladzim...ampunilah dosa-dosaku ya Allah...

Back to surat yasin,


sahabat juga tahu kan surat yasin itu surat no 36 di dalam Al-quran,
jadi jelaslah ya sekarang...

yang mau dibahas itu keajaiban surat yasin.
Kali ini aku mau mencoba menuliskan beberapa kalimat yang semoga bisa memotivasi kita.

Dan ini terinspirasi dari beberapa ayat dari surat yasin yang merupakan sebuah keajaiban yang bisa merecharge diri kita.

yuk kita simak bersama,

1. Bila kita sangat menginginkan seseorang berubah menjadi lebih baik dan sudah bersabar dalam melakukannya, namun tetap saja belum tercapai...ingatlah, tugas kita hanyalah menyampaikan.
(qs yasin : 11,17)

2. Disaat penantian menuju pernikahan terasa begitu lama, walau sudah berusaha dan berdoa, maka yakinlah Allah telah menciptakan semua berpasang-pasangan. Maka tawakalkan padaNya dan bisa jadi ada hikmah besar yang Allah berikan dari semua ini. (qs yasin: 36)

3. Sengsara yang kita rasa karena berjuang dijalanNya, sungguh tak kan lama, kuatkanlah dirimu, karena dengan rahmatNya, Dia telah menyiapkan segala keindahan untukmu di syurgaNya. (qs 55-58)

4. Jaga dan gunakanlah raga dan jiwa ini di jalanNya, karena kelak mereka akan bersaksi dengan sebenar-benarnya (qs yasin: 65)

5. Saat kita terdzalimi, atau terjadi ketidakadilan dari perbuatan manusia, meski sudah berusaha dan bersabar semaksimal mungkin, yakinlah Allah terus mencatat.
( qs yasin : 12)

6. Jika ada yang menawarimu untuk melakukan keburukan yang terasa lebih menguntungkan dibanding melakukan kebaikan. Ingatkanlah hati, cepat atau lambat kita akan mempertanggungjawabkan perbuatan itu saat kembali padaNya (qs yasin:22)

7. Ketika kita takut mengikuti ajaran rasulullah saw karena kondisi lingkungan yang tak mendukung, Ingatlah dahulu umat-umat sebelum kita begitu sengsara saat mengabaikan rasul utusanNya. (qs yasin: 30-32)

8. Saat kita merasa bangga berlebih atas usaha kita yang dapat mengolah berbagai bahan dari alam ini, ingatlah semua itu adalah milikNya dan kemampuan ini adalah kebesaranNya. (qs yasin: 33-35)

9. Janganlah merasa bingung saat di masa tuanya, orang tua berprilaku kekanakan, karena itulah fase dimana mereka dikembalikan ke awal kejadiannya oleh Allah. Dan merupakan peluang bagi kita untuk memaksimalkan bakti padanya. (qs yasin: 68)

Semoga bermanfaat ya sobat...so keep spirit di jalanNya.






Komentar

  1. Kandungan surat Yasin kalau ditadaburi memang banyak maknanya ya jengs. Dan memang kalau pengajian, surat ini jadi surat favorit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jeng betul banyak banget maknanya..dn jdi penasaran klo do luar negeri itu favourite nya apa ya??

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Makasih yah pencerahan nya dari surat yasin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali bun..semoga bermanfaat ya bun

      Hapus
  3. maknanya keren ya, maafkan daku yang kadang hanya membaca suratnya saja tanpa tahu artinya, maksih ya jeng sudah diartikan beberapa ayat. tyt luar biasa ya artinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelan2 aja mun..dan baiknya memang selain baca artinya kita ada gurunya..supaya tidak salah arah...atau byak tafsir2..di app skrg juga...semangat ya muna..asal ada kemauan..Allah pasti kasih jalan kemudahan..
      bersama kesulitan ada kemudahan...al insyirah..semangat...

      Hapus
  4. surat yasin juga kan katanya jantungnya al quran yaa ? koreksi kalo aku salah ya bun.. makanya makna yang terkandung sangat banyak banget. thx utk sharingnya ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pernah dengar mba..jantungny al quran..cuma aku blm telisik lebih dalam sumber dan kisahnya...smoga bisa makin belajar...maksih kembali ya mba

      Hapus
  5. MasyAllah...bermanfaat sekali bun...aku izin share y bun via sosmed yang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah..smua dri Allah...silahkan bun..smoga bermanfaat...ya bun..terima kasih bun

      Hapus
  6. Begitu banyak makna yg terkandung di surat ini
    ..i must share ini bagus bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun banyak pisan..itu baru dri bbrapa ayat..silahkan bun..smoga bermanfaat...terima kasih bun...

      Hapus
  7. Surat yang selalu menjadi penenang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Double “N” 30 Hari Jago Blogging with Jeng Tetty

Setiap kali habis ngetik judul tulisan, pasti deh langsung Double “N” rasanya alias nano-nano. Nano-nano rasa pelatihan 30 Hari Jago Blogging ibarat pancaran cahaya lampu ini. “Kenapa nano-nano ?.” Karena disini aku mesti berpetualang mencari kata dan kalimat yang pas buat ditulis. Ya...begitulah singkatnya gambaran rasa Nano-Nano juga yang artinya campur aduk khususnya buat aku di pelatihan 30 hari Jago Blogging Batch 2 ini with Jeng Tetty Hermawati atau dikenal sebagai Tetty Tanoyo. Kalu penasaran sama tulisan-tulisan dan orangnya...yuk di ceki-ceki di www.tettytanoyo.co.com dan  www.momtanoyo.com Sila kunjungi blog jeng Tetty Terus....mau tahu gimana rasa Nano-Nanonya aku di pelatihan ini ? Sip...lanjut yuk... Jawaban dari Harapan Nano-nano pertama aku ini adalah tentang sebuah harapan, jadi dalam lubuk hati aku yang terdalam nih sahabat... aku berfikir kaya gini “gimana ya caranya biar bisa menyampaikan kebaikan tapi dengan cara yang kekinian?”. Atau ka

Keahlian yang Terlupakan

pernahkah mengalami kebingungan mencari pengurus jenazah atau bila mayit laki-laki namun hanya ada pengurus perempuan atau sebaliknya? Berkaca dari pengalaman pengurusan mayit mbah kemarin di Yogya... kami sekeluarga mendapat pelajaran besar, kami menyadari betapa pentingnya untuk memiliki keahlian dalam mengurusi mayit ini. Kebetulan, keluarga yang paham dalam pengurusan ini masih dalam perjalanan ke Yogya. Berbicara tentang kematian, tentu hal ini adalah sesuatu yang pasti akan terjadi pada makhluk hidup. Seperti yang Allah katakan dalam Al -Quran Qs Al-Anbiya surat ke-21 ayat ke-35: “ Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” Juga dalam Qs  Al-Mulk, surat ke-67 ayat 1-2: “Maha suci Allah yang ditanganNya (segala) kerajaan, Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup,untuk menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih ba

Genggam tanganku, bersabarlah, perlahan ku pun kan melangkah (1)

Assalamualaikum sob, udah lama juga nih off nulis blog. Dan seakan banyak hal yang berseliweran di otak yang bisa aja ga ada manfaatnya kalau ga ditulis atau dishare ke orang lain. Ya mudah-mudahan aja bisa terus konsisten aktif di dunia kepenulisan dan bermanfaat untuk bekal ke akhirat. Amin-amin ya Allah. Sip... Tulisan kali ini sebenarnya jadi sebuah momok besar dalam dunia manusia. Serius pisan ya segala pake frase dunia manusia...šŸ˜€. Kita mulai serius nih ya...kenapa sih dipilih judul "genggam tanganku, bersabarlah, perlahan ku pun kan melangkah?. Setiap kita pasti menyadari bahwa setiap manusia diciptakan dengan paket kelebihan dan kekurangan. Bahkan mungkin bagi sebagian orang yang dianugrahi banyak nikmat kasat mata yang bisa dinilai manusia seperti fisik yang sempurna, kecepatan dalam mempelajari sesuatu, rezeki yang seakan amat mudah menjemputnya,dll. Pun pasti ada sisi kekurangannya. Misalnya kurang dari sisi pengendalian emosi, kecerdasan spir